8 Masjid Unik Yang Anda Tak Pernah Lihat Di Dunia

8 Masjid Unik Yang Anda Tak Pernah Lihat Di Dunia

Masjid adalah rumah Allah tempat orang islam menunaikan soalt berjemaah. Banyak masjid dibangun dengan berbagai gaya dan arsitektur menarik untuk para jamaah sekitarnya dan juga yang singgah sebentar.

Tujuan awal dibuatnya masjid agar dapat menampung jamaah dalam jumlah besar. Banyak masjid yang dibangun dengan unik, megah dan besar, tapi hanya sedikit yang mempunyai ciri khas tersendiri. Berbicara tentang masjid yang unik, berikut ada deretan masjid yang di desain serba unik dan indah di dunia, check this out!

1. Masjid Larabanga, masjid eksotis khas Afrika yang terbuat dari lumpur khas benua Afrika

Masjid Larabanga adalah salah satu masjid eksotis khas Afrika yang terbuat dari lumpur khas benua Afrika yang masih ada sampai sekarang. Masjid tertua yang bersejarah dan berarsitektur Sudan kuno ini terdapat di kampung Larabanga, Republik Ghana, Benua Afrika.

Ciri khas arsitekturnya berukuran segiempat dan tak terlalu besar, mirip seperti surau di Indonesia dengan ukuran 8×8 meter. Dilengkapi dengan pilar-pilar yang menopang atapnya, ditambah lagi dengan pilar yang menjulang ke atas.

Di dekat salah satu pintu masuknya, tumbuh kokoh bediri pohon baobab yang sangat besar dan dilestarikan hingga kini. Dibawah pohon inilah sang pendiri masjid ini – Ayuba di makamkan. Masjid ini termasuk yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan ada di dalam daftar 100 situs dunia yang harus diselamatk4n versi The World Monuments Fund’s.

2. Masjid Xi’an, masjid tertua yang memiliki bentuk bangunan lebih mirip kuil di kota Xi’an, China

Pada tahun 1988, pemerintah setempat merasmikan masjid ini sebagai salah satu bangunan bersejarah di China. Masjid terbesar dan tertua di kota Chang’an atau lebih dikenal dengan kota Xi’an di China ini memiliki bentuk bangunan lebih mirip kuil dari pada masjid. Masjid pertama ini didirikan pada abad ke-8 masehi oleh Laksamana Cheng Ho ini menjadi salah satu saksi sejarah tertua dalam perkembangan Islam di negeri barongsai ini.

Masjid ini memiliki lima halaman dan pagoda serta hiasan figurative bertuliskan kaligrafi Arab dan China, semua halaman mengarah ke ruang doa yang terdapat di ujung barat masjid, setiap halaman ada monumen pavilion atau gerbang. Gerbang mengarah ke tembok yang sangat lebar dengan dekorasi ukiran tanah liat dan tumpukan genting mengkilap. Dua sisi nya dihiasi perabot antik yang sangat berharga buatan jaman Dinasti Ming dan Qing.

Area ruang shalat adalah yang terbesar, dapat menampung seribu orang. Ruang dengan tiga tingkat atap berwarna biru tosca, dihiasi ukiran berpola rumput dan bunga memberikan kisah indah namun mencekam dengan tampak kayu berpahat ayat Al-Qur’an. Sampai sekarang masih digunakan oleh muslim suku Hui yang diperkirakan sudah mencapai sekitar enam puluh ribu orang.

3. Masjid Agung Djenne, masjid unik yang terbuat dari lumpur

Masjid unik yang masih berdiri megah ini terdapat di sebuah kota kecil di pusat Mali, Afrika Barat. Majid megah ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai satu tahun kemudian. Masjid ini telah menjadi warisan arsitektur dunia yang diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu situs sejarah dunia pada tahun 1988 karena keunikannya yang terbuat dari lumpur dan setiap tahun penduduk Mali mengadakan festival dan melapisinya dengan banyak plester.

Masjid Djenne menjadi salah satu bangunan penting di Afrika Barat. Pelancong dari berbagai mancanegara banyak datang ke masjid ini untuk mengagumi keindahannya dan untuk beribadah di sana.

4. Masjid Jamiul Alfar, masjid yang kaya akan nilai kebudayaan Islam dengan kemegahan kastil di Inggris

Masjid unik berikutnya bernama Masjid Jamiul Alfar yang merupakan ikon pariwisata dan masjid tertua dan terbesar di kota Kolombo, Sri Langka. Masjid ini dibangun selama satu tahun, mulai tahun 1908 dan dirancang oleh HL Saibo Lebbe.

Ciri khas masjid ini dihiasi ornamen dinding belang merah putih. Karena warna merah lebih dominan, masjid diberi julukan Samman Kottu Palli atau Rathu Palliya atau Mesjid Merah. Arsitektur bangunan yang memperlihatkan kekayaan nilai-nilai kebudayaan Islam dengan kemegahan kastil di Inggris. Masjid dengan 14 menara, dua berukuran sedang dan 12 berukuran kecil. Kapasitas dari masjid ini dapat menampung lima ribu jamaah.

5. Masjid Hassan II, masjid terapung dan terindah di Kota Casablanca

Merupakan masjid terapung, terbesar dan terindah di kota Casablanca, Maroko. Masjid ini disebut sebagai masjid terbesar kedua setelah masjidil haram di Mekkah. Uniknya, masjid dengan luas 2 hektar memiliki menara masjid tertinggi dengan tinggi 210 meter serta dapat menampung kapasitas 25.000 jamaah di dalam masjid dan 80.000 jamaah di halamannya.

Masjid ini dibangun pada tahun 1980 dan selesai dalam waktu 6 tahun. Masjid megah ini didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis, Michael Pinseau dan dibangun oleh Raja Hassan II.

Masjid ini dibangun di atas tanah reklamasi, yang hampir setengah dari bangunan berada di atas lautan. Kerennya, lantai masjid terbuat dari kaca, sehingga jamaah yang sedang sujud dapat melihat langsung ke dalam laut.

Terlihat dari jauh seperti terapung, dibangun dengan konstruksi tahan gempa, pemanas lantai, pintu otomatis dan atap yang dapat dibuka dan digeser. Hiasan, ornamen di lantai, pintu, dinding dan langit-langit masjid sangat detil dan indah, kental dengan nuansa seni bangsa Moor.

6. Masjid Dhai Seedi, masjid terkecil di dunia

Ada masjid terbesar ada juga masjid terkecil. Masjid Dhai Seedi adalah masjid terkecil di dunia. Awalnya dibangun hanya sebagai masjid darur4t selama pembangunan benteng di daerah kota Bhopal, India. Uniknya, masjid ini biasa disebut masjid dua setengah langkah.

7. Masjid Raya Sumatera Barat, masjid unik bergaya adat minangkabau

Masjid Raya Sumatera Barat dirancang oleh seorang arsitek bernama Rizal Muslimin. Masjid ini dinobatkan sebagai masjid terbesar di Sumatera Barat dan akan menjadi landmark unik khas provinsi Sumbar. Masjid ini memiliki kapasitas 20.000 jamaah dan dilengkapi shelter lokasi untuk evakuasi korban tsunami yang ada di lantai 2 dan 3.

Yang unik dari masjid ini adalah terdapat pada bagian atapnya. Jika semua masjid pada umumnya memiliki kubah, lain halnya dengan masjid yang satu ini. Masjid ini tidak memiliki kubah melainkan memiliki atap khas budaya Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong.

8. Masjid Al-Mulk, masjid unik yang berselimut kaca patri warna warni yang memantulkan cahaya pelangi

Jika anda suka dengan artikel ini. Sila berikan sokongan dengan KONGSI bersama rakan anda supaya kami dapat terus berusaha menyediakan kandungan berkualiti buat tatapan komuniti semua. Ribuan Terima Kasih.

Sumber: takaitu

 

1